Catatan Akhir Zaman

Sebagai renungan diri, Pencarian solusi , sambil menunggu mati ....O_n

CAZ 2010

Bagaimana kesan anda menjadi manusia Akhir Zaman ? Ber-Aksi reaksi dengan KeAjaiban sehari-hari ...


Adakah haji masih minum bir…? Ada
Adakah haji masih ke dukun…? Ada
Adakah haji suka main judi… ? mungkin ada
Adakah haji yg suka main suap…? Ada
Bahkan biar bisa pergi haji lebih cepat ada yg sampe nambah uang..??
Adakah haji yg suka Riba… ? ada
Hm… saat ini untuk kata Haji yg terpikir pasti hanya Uang / biaya untuk "pergi haji"..
Dan lupa akan bagaimana sih ilmu2 saat ber haji… betul ga ?
Makanya jangan heran masih ada fenomena di atas, sayang kan "haji" nya ….
Makanya biarpun  kuota haji RI paling tinggi sebumi ini, tapi apa ada efeknya di negrinya setelah pulang dari haji ? selain "gelar haji"
Bandingkan kalo dahulu kala..ceritanya dah nonton film sang pencerah nih… pergi haji dengan proses yg lama tokoh pendiri ormas M… pulang kembali ke tanah air SATU orang ini bisa merubah masyarakatnya dan menjadi insan yg bermanfaat…
Coba deh setiap ratus/puluhan ribu haji harusnya bisa memberi manfaat beratus ribu kali lipat bagi masyarakat / bangsanya…??? Tapi kenyataanya…?
Penulis so tau nih tolong dikoreksi kalo salah : Saat pergi haji, disana ya ketemu dg orang2 indonesia juga/ interaksi dengan muslim lain tidak / sedikit sekali … share kondisi …. Cari ilmu …. Share solusi …??
Semua dah ada jadwalnya dari setiap bimbingan haji… dengan kelompoknya sendiri… nah bagaimana harusnya haji sebagai meeting besar para "muslim yg mampu" yg ber ilmu, dari seluruh dunia ini misal tema tentang : kenapa palestina tidak/ belum bisa merdeka ?? habis haji langsung ke ga za semua jamaah bertindak :  freefalestine!! Satu tahun kelar…dan ternyata tidak demikian….
Haji sebagai ritual di luar negeri… ketika khutbah jumat pun mungkin sedikit yg mengerti akan bahasa arab…. Dan…dan… ko iya dianggap sebagai "rekreasi rohani" sajaa…….?
Semua ada ilmunya agar tidak percuma… sholat ada ilmunya, sahadat ada konsekwensinya.. zakat ada persentasenya… puasa ada pembatalnya…
Semoga masih banyak haji2 mabrur… yg berangkat dengan ilmu dg harta yg bersih…dan pulang kembali bisa memberi manfaat bagi sekitarnya…Amiin..